Format Baru Raport PAUD



Pada dasarnya raport merupakan dokumen yang menjadi penghubung komunikasi, baik antara sekolah dengan orangtua peserta didik maupun dengan pihak-pihak lain yang ingin mengetahui tentang hasil belajar anak pada kurun waktu tertentu. Karena itu, raport harus komunikatif, informatif, dan komprehensif (menyeluruh) memberikan gambaran tentang hasil belajar peserta didik.
Perlu dipahami bahwa penilaian di PAUD lebih menekankan untuk mendeskripsikan ketercapaian perkembangan anak yang mencakup perkembangan nilai-nilai agama dan moral, fisik , kognitif, bahasa, dan sosial emosional. Oleh karena itu kata yang lebih tepat pada penilaian anak usia dini adalah ASESMEN.


Asesmen adalah suatu proses pengamatan, pencatatan, dan pendokumentasian kinerja dan karya siswa serta bagaimana proses ia menghasilkan karya tersebut (Grace dan Shore, 1991; Kurnano,2002). Asesmen tidak digunakan untuk mengukur keberhasilan suatu program, tetapi untuk mengetahui perkembangan atau kemajuan belajar anak. Itulah salah satu alasan mengapa informasi perkembangan peserta didik pada raport PAUD diberikan dengan cara deskriptif (narasi), bukan dengan angka atau skor.


Selanjutnya untuk memudahkan pengisian , maka aspek-aspek penilaian pada raport diusahakan sama dengan aspek-aspek yang tertuang dalam Standar Kompetensi yang telah ditetapkan. Saat ini sudah ada format baru raport PAUD yang telah mengakomodir tingkat perkembangan anak sebagaimana yang tertuang dalam Permendiknas No. 58 Tahun 2009 tentang Standar PAUD, yang mencakup aspek perkembangan nilai-nilai agama dan moral, fisik , kognitif, bahasa, dan sosial emosional .

Berbeda dengan bentuk raport PAUD terdahulu, pada raport model baru ini pendidik dapat memberikan tanda checklist (√) pada hasil penilaian perkembangan dengan tiga opsi pilihan Baik, Cukup, dan Perlu Dilatih , sebagaimana contoh di bawah ini.



Berdasarkan hasil penilaian tersebut, maka selanjutnya pendidik PAUD dapat memberikan kesimpulan dan catatan/rekomendasi pada kolom yang ada dibawahnya. Begitu pula untuk aspek dan sub aspek perkembangan lainnya dapat dilakukan dengan cara sama .

Dalam menyusun kesimpulan perkembangan anak, pendidik hendaknya mencatat hal-hal sebagai berikut :

1. Uraikan perkembangan anak secara umum.
2. Uraikan perkembangan kemampuan anak yang menonjol atau lebih pada semua aspek perkembangan.
3. Uraikan perkembangan kemampuan anak yang masih perlu dilatih pada aspek perkembangan anak.


Ada beberapa kelebihan raport format baru ini jika dibandingkan dengan raport format lama, yaitu :

1. Memberikan kemudahan kepada pendidik PAUD dalam memberikan penilaian ketercapaian perkembangan anak yang mencakup nilai-nilai
agama dan moral , fisik , kognitif, bahasa , dan sosial emosional.
2. Format raport baru ini mencakup seluruh kelompok usia ( 0 - < 2 Tahun, 2 - < 4 Tahun dan 4 - ≤ 6 Tahun ).
3. Mudah dipahami oleh orang tua yang awam sekalipun tentang masalah perkembangan anak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar